Peluang Usaha Mandiri

Bag.1: Dasar-Dasar Ekonometrik dan Regresi

Untuk memahami dasar-dasar mengenai dasar-dasar ekonometrik dan regresi, berikut ini diberikan beberapa tulisan terkait.

Regresi Linear Sederhana
Apa itu ekonometrika ? Banyak definisi yang dikemukakan oleh para ahli. Namun demikian, secara prinsipnya ekonometrika merupakan suatu cabang ilmu yang menggabungkan dan mengaplikasikan teori ekonomi, matematika dan statistik inferensi dalam menganalisis persoalan-persoalan ekonomi.
Ekonometrika menjadi penting dalam ilmu ekonomi karena melalui ekonometrika berbagai teori ekonomi yang sebelumnya bersifat kualitatif, dapat diukur dan dimaknai secara kuantitatif (dalam bentuk angka). Selain itu, melalui ekonometrika, kita juga dapat menguji teori-teori ekonomi secara empiris. Oleh karenanya, ekonometrika menjadi penting dalam konteks pengembangan ilmu ekonomi.
Baca Selanjutnya

Regresi Linear Berganda
Model regresi linear berganda adalah model regresi dengan variabel bebas lebih dari satu. Misalnya dalam kasus regresi linear sederhana pada tulisan sebelumnya, kita tambahkan satu variabel lainnya yang mempengaruhi konsumsi selain pendapatan (menurut Teori Keynes) yaitu jumlah anggota keluarga (seperti yang tercantum pada tabel sebelumnya).
Model ekonometrik dalam bentuk fungsi regresi linear bergandanya sebagai berikut:
Baca selanjutnya

Regresi dengan Variabel Dummy
Tulisan ini merupakan seri ketiga dari model ekonometrik dengan SPSS. Bahasan kali ini adalah mengenai regresi dengan variabel dummy.
Dalam regresi, variabel dependent (terikat) pada dasarnya tidak hanya dapat dipengaruhi oleh variabel independent (bebas) kuantitatif, tetapi juga dimungkinkan oleh variabel kualitatif. Lalu bagaimana cara kita memasukkan variabel independent kualitatif tersebut (yang tidak berbentuk angka) ke dalam model regresi?
Baca Selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar