Peluang Usaha Mandiri

Bag.2: Serba Serbi Add-in Matrix Excel

Add-in Matrix di Excel memiliki banyak fasilitas untuk memudahkan operasi matriks. Pada bagian sebelumnya telah diberikan beberapa diantaranya, yang kita lanjutkan pada bagian ini.

Tahapan Eliminasi Gauss dengan Macro Add-in Matrix
Tulisan kali ini bertujuan untuk memperkenalkan fasilitas Add-in Matrix yang cukup menarik dalam rangka pembelajaran (didaktik) tahap-tahap eliminasi Gauss. Secara sederhana (pendalaman konsep silakan pelajari literatur-literatur matematik), eliminasi Gauss adalah suatu algoritma yang efisien untuk pemecahan sistem persamaan linear. Tahapan dalam eliminasi Gauss adalah dengan mengubah persamaan linear ke dalam matriks teraugmentasi (augmented matrix). Selanjutnya, matriks teraugmentasi tersebut disederhanakan melalui operasi baris dasar (elementary row operations) sehingga menjadi matriks yang Eselon-baris. Setelah menjadi matriks Eselon-baris (row echelon), lakukan substitusi balik (back substitions) untuk mendapatkan nilai dari variabel-variabel dalam sistem persamaan linear.
Baca Selanjutnya

Tahapan Eliminasi Gauss-Jordan dengan Macro Add-in Matrix
Tulisan kali ini akan memperkenalkan fasilitas add-in Matrix yang cukup menarik dalam rangka didaktik (pembelajaran) tahapan eliminasi Gauss-Jordan. Eliminasi Gauss-Jordan merupakan pengembangan metode eliminasi Gauss, dimana augmented matrik, pada sebelah kiri diubah menjadi matrik identitas. Teknik yang digunakan dalam metode eliminasi Gauss-Jordan ini sama seperti metode eliminasi Gauss yaitu menggunakan operasi baris dasar. Namun demikian perhitungan penyelesaian sistem persamaan linear secara langsung diperoleh dari nilai pada kolom terakhir dari setiap baris. Artinya, kita tidak perlu lagi melakukan substitusi balik untuk mendapatkan nilai-nilai variabel pada sistem persamaan linear.
Baca Selanjutnya

Cara Mudah Perkalian Lebih dari Dua Matriks dengan Add-in Matrix
Dalam fungsi Excel, perkalian matriks hanya dapat dilakukan untuk dua matriks saja, yaitu dengan fungsi =MMULT. Jika Anda ingin mengalikan tiga atau lebih matriks, maka harus dilakukan perkalian secara berulang. Tulisan kali ini akan memberikan cara praktis untuk mengalikan lebih dari dua matriks sekaligus dengan menggunakan Add-in Matrix
Baca Selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar