Peluang Usaha Mandiri

Bag.1: Serba Serbi Add-In Matrix Excel


Bagian ini merupakan bagian pertama dari kumpulan tulisan mengenai serba-serbi Add-in Matrix Excel.

Menghitung Matriks Inverse Leontif dengan Add-in Matrix
Add-in Matrix Excel memiliki banyak fasilitas yang bermanfaat dalam operasi matriks. Salah satunya adalah menghitung matriks pengganda atau matriks invers Leontif, yang akan menjadi topik tulisan ini.
Untuk mendapatkan add-in tersebut bisa didownload secara gratis.
Baca Selanjutnya

Pemecahan Sistem Persamaan Linear dengan Add-in Matrix
Misalnya kita punya sistem persamaan linear (SPL) sebagai berikut:

3a + 2b + c + 6d = 123
7a + 4b + 3c + d = 200
2a + 2b + 4c + 3d = 199
4a + 3b + 2c + d = 125

Berapa nilai a, b, c dan d ? Secara manual matematik, tentunya kita bisa menggunakan metode substitusi dan eliminasi untuk memecahkan SPL tersebut, atau Algoritma Gauss-Jordan. Untuk kasus yang hanya 4 nilai (a,b,c,d) seperti diatas, paling tidak membutuhkan waktu 5 menit untuk menyelesaikannya karena perlu melakukan beberapa tahapan perhitungan. Apalagi kalau nilai-nilai yang dicari tersebut relatif lebih banyak.
Tetapi dengan Add-in Matrix yang ada di Excel, kita bisa menyelesaikan SPL tersebut secara cepat.
Baca Selanjutnya

Mudah Operasi Matriks dengan Add-in Matrix Excel
Tulisan ini merupakan seri ketiga dari Add-ins Matrix Excel. Untuk memahami pembahasan berikut,sebaiknya terlebih dahulu membaca seri bagian 1.
Untuk mendapatkan macro dari add-in matrix, klik icon matrix seperti ini di toolbar Excel, maka akan muncul tampilan toolbar baru seperti berikut:
Baca Selanjutnya

Matriks Diagonal dan Identitas dengan Add-in Matrix
Matriks diagonal adalah matriks bujur sangkar (jumlah baris dan kolomnya sama) dengan seluruh unsurnya bernilai 0 kecuali pada diagonal utama (diagonal dari kiri atas ke kanan bawah). Matriks identitas atau matriks satuan adalah bentuk khusus dari matriks diagonal, dimana seluruh unsurnya bernilai 0 kecuali pada diagonal utamanya yang semua unsurnya bernilai 1.
Baca Selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar