Peluang Usaha Mandiri

Bag.4: Tip-Trik Excel

Bagian ke empat tip-trik Excel ini menfokuskan pada pemanfaatan fasilitas Solver pada Excel. Berikut beberapa tulisan terkait

Memanfaatkan Solver dalam Excel untuk Estimasi
Dalam kerangka optimisasi dengan linear programming ini, Excel memiliki fasilitas add-ins (tambahan) yaitu fasilitas Solver. Untuk memanfaatkannya, Klik menu Tool kemudian klik Solver. Jika setelah mengklik Tool, ternyata tidak muncul pilihan Solver, berarti menu tersebut belum diaktifkan di program Excel Anda. Untuk mengaktifkannya, klik Tool, kemudian klik Add ins, selanjutnya conteng pada pilihan Solver Add-In, setelah itu klik ok. Kemudian kembali klik menu Tool. Dstnya.
Setelah itu, akan muncul tampilan Solver sebagai berikut:
Baca Selanjutnya

Aplikasi Bauran Produk pada Solver Excel
Seri kedua dari penggunaan Solver di Excel ini akan membahas sekilas mengenai metode perumusan linear programming, aplikasinya pada bauran produk (product mix) serta penggunaan Solver.
Perusahaan anda memproduksi TV, stereo dan speaker menggunakan komponen-komponen chasis, tabung gambar, kerucut speaker (speaker cone), power supply dan alat elektronik. Persediaan dari komponen-komponen tersebut terbatas dan anda harus memutuskan kombinasi produk yang dihasilkan yang akan menghasilkan keuntungan maksimum.
Baca Selanjutnya

Aplikasi Minimisasi Transportasi pada Solver Excel
Seri ketiga dari penggunaan Solver di Excel ini akan membahas mengenai aplikasi masalah transportasi pada Solver Excel.
Permasalahan: Perusahaan anda memiliki dua pabrik (pabrik 1 dan pabrik 2), memiliki lima daerah pemasaran (Daerah A, B,C,D,E). Masing-masing pabrik memiliki kapasitas produksi yang berbeda, dan masing-masing daerah memiliki batasan permintaan yang juga berbeda. Kapasitas produksi pabrik 1 sebanyak 75.000 unit, pabrik 2 sebanyak 65.000 unit. Permintaan di daerah A sebanyak 25.000 unit, daerah B sebanyak 24.000 unit daerah C sebanyak 25.000 unit, daerah D sebanyak 35.000 unit dan daerah E sebanyak 16.000 unit.
Baca Selanjutnya

Minimisasi Biaya Transportasi Dua Tingkat dengan Solver Excel
Pada seri ketiga dari penggunaan Solver di Excel telah dibahas mengenai aplikasi masalah transportasi pada Solver Excel. Pada seri keempat ini, kita juga akan membahas aplikasinya pada transportasi, tetapi dengan permasalahan yang kita kenal dengan transportasi dua tingkat (2-stage transport).
Baca Selanjutnya

Solusi Persoalan Transportasi Dua Tingkat Multi Produk
Pada seri keempat kita sudah membahas aplikasi Solver Excel pada permasalahan transportasi dua tingkat. Pada seri kelima ini, kita juga membahas masalah transportasi dua tingkat tetapi dengan barang yang diproduksi lebih dari satu jenis (2-stage transport, multi-commodity).
Baca Selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar