Peluang Usaha Mandiri

Bag.3: Tip-Trik Excel

Bagian 3 Tip-Trik Excel ini memberikan tip-trik lainnya dari penggunaan Excel untuk berbagai analisis kuantitatif.

Konversi Sistem-Sistem Pengukuran dengan Excel
Satu sendok makan itu berapa sendok teh ? Satu galon itu berapa liter ? Satu tenaga kuda (horsepower) itu berapa watt? Satu tenaga kuda-jam (horsepower-hour) berapa watt-jam (watt-hour)?
Kita mungkin sering dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti itu. Meskipun bisa dijawab, seringkali harus bersusah payah mencari ensiklopedia.
Sebenarnya Program Excel memiliki fasilitas untuk mengkonversi dari satu pengukuran ke pengukuran yang lainnya. Rumus untuk konversi tersebut adalah:
Baca Selanjutnya

Menyusun Distribusi Frekuensi dengan Excel
Salah satu cara untuk mendeskripsikan data mentah adalah dengan menyusunnya kedalam tabel distribusi frekuensi. Dengan tabel distribusi frekuensi ini, orang akan lebih mudah memahami gambaran data, karena data mentah tersebut sudah dikelompok-kelompokkan berdasarkan pengelompokkan tertentu.
Salah satu software statistik yang menurut saya cukup bagus dalam menyusun tabel distribusi frekuensi ini adalah Program SPSS. Meskipun demikian, di Excel kita juga menyusun tabel distribusi frekuensi dari data mentah dengan cara yang relatif mudah.
Baca Selanjutnya

Produktifkan Excel-mu dengan Add-in Extools
Pada tulisan kali ini, akan diperkenalkan program Add-Ins Excel yang bernama Extools. Program ini dapat membantu kita sehingga bisa bekerja lebih produktif di Excel. Selain itu, dengan program ini kita bisa spreadsheet Excel dengan lebih mudah?
Terdapat 71 fasilitas yang disediakan dalam program Extools ini, yang dapat mempermudah pekerjaan kita di Excel. Karenanya, tidak ada salahnya kita tambahkan program ini pada Excel. Mumpung ini program gratis.
Baca Selanjutnya

Menghitung Hari dan Tanggal dengan Excel
1200 hari dari sekarang (16 Juli 2008 ) tanggal berapa ? Saya bisa dengan mudah menjawabnya, yaitu tanggal 29 Oktober 2011. Dari tanggal sekarang (16 Juli 2008 ) ke tanggal 14 Mei 2009 berapa hari? Saya juga dengan mudah menjawabnya, yaitu 302 hari. Loh, bagaimana caranya ? Ikuti tulisan di bawah ini
Pada tulisan sebelumnya, sekilas kita sudah perkenalkan Add-ins Extools untuk Excel. Sekarang kita akan bahas salah satu fasilitasnya.
Baca Selanjutnya

Menambahkan Add-ins pada Excel
Banyak Add-ins dalam Excel yang membantu perhitungan dan umumnya tersedia secara gratis untuk di download, diantaranya Matrix, Extools, dan Biplot. Berikut ini saya berikan cara menambahkan fasilitas add-ins tersebut dalam program Excel (barangkali ada yang belum mengetahuinya).
1. Download dulu Add-ins tersebut (lihat pada beberapa tulisan di blog ini).
2. Biasanya file yang di download, masih dalam bentuk zip. Ekstrak file tersebut dan simpan (sebaiknya di drive C)
Baca Selanjutnya

1 komentar: