Peluang Usaha Mandiri

Bag. 2: Tip-Trik Excel

Bagian ini memuat tulisan-tulisan mengenai tip-trik Excel, sebagai lanjutan dari bagian pertama yang membahas hal yang sama.

Memanfaatkan Analisis Statistik Deskriptif di Excel
Di dalam Excel, sebenarnya sudah terdapat fungsi-fungsi yang berguna untuk penggambaran (pendeskripsian) data kita, misalnya fungsi AVERAGE untuk rata-rata, STDEV untuk standar deviasi dan lainnya. Kali ini kita bahas fasilitas Excel yang bisa memunculkan sekaligus beberapa pengukuran yang berguna utuk pendeskripsian data.
Baca Selanjutnya

Analisis Input-Output dengan Excel
Tulisan ini membahas simulasi/latihan analisis I-O dengan menggunakan Excel. Analisis yang dibahas mencakup perhitungan matriks pengganda, indeks daya penyebaran, indeks derajat kepekaan dan analisis dampak.
Pada dasarnya sudah terdapat program yang secara khusus bertujuan untuk analisis I-O ini. Oleh karenanya, tulisan ini lebih sebagai latihan pembelajaran untuk melihat menelusuri proses analisisnya. Sebagai latihan, misalnya kita punya tabel I-O dalam bentuk tabel Transaksi Domestik atas Dasar Harga Produsen yang dibagi atas tiga sektor. Angka-angka dalam tabel dalam satuan Trilyun Rupiah.
Baca Selanjutnya

Analisis Regresi dengan Excel
Dalam statistik, regresi merupakan salah satu peralatan yang populer digunakan, baik pada ilmu-ilmu sosial maupun ilmu-ilmu eksak. Karenanya, software-software statistik umumnya memiliki fasilitas untuk pendugaan dan analisis regresi ini. Misalnya, SPSS, Minitab, LISREL, Eviews, STATA, dan lainnya.
Sebenarnya Program Excel juga memiliki fasilitas perhitungan regresi ini. Analisis-analisisnya juga relatif lengkap. Oleh karenanya, tidak ada salahnya kita juga bisa menggunakan fasilitas ini. Selain prosedurnya lebih gampang, Program Excel umumnya terdapat di hampir semua komputer, sebagai bagian dari Microsoft Office.
Baca Selanjutnya

Estimasi dan Pemilihan Model dengan Excel
Berikut ini akan diberikan tahapan estimasi model untuk metode peramalan sederhana, sekaligus cara memilih model terbaik dari model-model yang ada dengan menggunakan fasilitas yang ada di Microsoft Office Excel 2003.
Sebagai latihan, misalnya kita punya data penjualan selama 10 tahun terakhir (1999 – 2008), secara berurut sebagai berikut: 2, 3, 6, 9, 10, 11, 14, 16, 18, 27 (angka-angkanya dibuat kecil hanya untuk menyederhanakan).
Baca Selanjutnya

Konversi Angka Arab ke Angka Romawi dengan Excel
Anda tahu bagaimana cara mengkonversi angka arab 1499 ke dalam angka romawi ? Tidak usah bingung. Excel bisa melakukannya. Caranya ? Silakan buka Program Excelnya:
Ketikkan rumus ini: =ROMAN(1499,0) maka akan muncul angka MCDXCIX
Ketikkan rumus ini: =ROMAN(1499,1) maka akan muncul angka MLDVLIV
Ketikkan rumus ini: =ROMAN(1499,2) maka akan muncul angka MXDIX
Ketikkan rumus ini: =ROMAN(1499,3) maka akan muncul angka MVDIV
Ketikkan rumus ini: =ROMAN(1499,4) maka akan muncul angka MID
Baca Selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar