Peluang Usaha Mandiri

Membuat Grafik dengan SPSS

Berikut beberapa tulisan yang terkait dengan cara membuat berbagai jenis grafik dengan SPSS

Grafik Batang Sederhana pada SPSS
Satu gambar sering lebih bermakna dari seribu kata. Ungkapan ini sering dikemukakan untuk menunjukkan peran grafik dalam mendeskripsikan data, selain dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi yang telah kita bahas pada tulisan-tulisan sebelumnya.
Untuk kepentingan itu, dalam beberapa seri tulisan dalam blog ini, akan kita bahas cara membentuk grafik dengan SPSS.
Sebagai latihan misalnya kita punya data tingkat pendidikan dan pendapatan dari 30 orang responden penelitian. Tingkat pendidikan misalnya dikategorikan sebagai:
Baca Selanjutnya

Grafik Batang Clustered dan Stacked pd SPSS
Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya yang membahas mengenai grafik batang sederhana pada SPSS. Untuk memahami tulisan ini, silakan baca tulisan tersebut terlebih dahulu.
Kali ini kita akan membahas mengenai grafik batang clustered dan stacked. Data yang digunakan untuk latihan adalah data tingkat pendidikan dan pendapatan yang telah diberikan pada tulisan sebelumnya tersebut.
Setelah menginput data tersebut, klik Graphs > Legacy Dialogs > Bar. Akan muncul tampilan berikut:
Baca Selanjutnya

Grafik Lingkaran pada SPSS
Salah satu jenis grafik yang sering digunakan terutama untuk menggambarkan proporsi dari kategori data adalah grafik lingkaran (pie). Karenanya, pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat grafik lingkaran pada SPSS.
Sebagai latihan, data yang kita gunakan sama dengan data pada postingan sebelumnya (yaitu data tingkat pendidikan dan pendapatan dari 30 orang responden penelitian). Lihat tulisan ini.
Setelah menginput data tersebut, klik Graphs > Legacy Dialogs > Pie. Akan muncul tampilan berikut:
Baca Selanjutnya

Lanjutan: Grafik Lingkaran pada SPSS
Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya mengenai cara membuat grafik lingkaran pada SPSS. (Silakan baca tulisan tersebut terlebih dahulu, untuk dapat memahami bagian ini).
Jika pada tulisan sebelumnya kita hanya menggambarkan variabel pendidikan dalam satu grafik lingkaran tanpa mengelompokkannya berdasarkan pendapatan (sesuai dengan data latihan yang kita miliki), maka kali ini kita membuat grafik lingkaran yang terkelompok berdasarkan tingkat pendapatan.
Setelah menginput data, klik Graphs > Legacy Dialogs > Pie. Akan muncul tampilan berikut:
Baca Selanjutnya

5 komentar:

  1. Artikel yang bermanfaat gan makasih sata infonya :)

    BalasHapus
  2. makasih banyak buat infonya, sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  3. artikelnya sangat bermanfaat gan...

    BalasHapus
  4. I certainly agree to some points that you have discussed on this post. I appreciate that you have shared some reliable tips on this review.

    BalasHapus
  5. Terimakasih, artikelnya sangat membantu dan bermanfaat... Mudah dimengerti penjelasannya...

    BalasHapus